WORKSHOP PENULISAN BUKU AJAR

Kegiatan workshop ini merupakan realisasi kerjasama antara Universitas Raharja dengan Penerbit Salemba Jakarta yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 September 2019 bertempat di ruang Grand Max Theater (GMT) Universitas Raharja yang dihadiri oleh Assoc. Prof. Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas  Sains dan Teknologi  (FST) Universitas Raharja.  Sebagai perwakilan dari Penerbit Salemba Jakarta yang hadir Bapak Muhamad Riyanto (Kepala Cabang), Novieta Indra Sallama, S.E., M.Si. (Manajer Penerbitan dan Produksi), dan Ibu Rosidah (editor).

Dokumen Perjanjian Kerjasama antara Universitas Raharja dengan Penerbit Salemba dapat diakses di sini

Di sesi pertama,  Dekan Universitas Raharja dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan workshop penulisan buku ajar ini  bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan para dosen untuk menulis buku yang berorientasi pada standar buku ber-ISBN dan menerbitkannya dalam rangka memenuhi kebutuhan literasi (rujukan) sebagai penunjang proses belajar-mengajar. Sesi ini dilanjutkan dengan penandatangan MoA dengan Penerbit Salemba sebagai mitra kerja sama dalam penerbitan buku bahan ajar.

Di sesi kedua, Ibu Novita menjelaskan bahwa Penerbit Salemba akan memberikan bimbingan dimulai dari proses penciptaan buku, me-riview sampai ke hilir/pemasarannya.

Di sesi ketiga, pemamaparan materi dari ibu Rosidah selaku tim editor. Beliau menjelaskan dengan rinci tips penyusunan buku, bagaimana cara untuk memulai menulis dan langkah-langkahnya. Materi workshop penulisan buku ajar dapat di-download di sini

Dari 35 dosen yang hadir, ada 15 naskah buku ajar yang siap di-riview untuk dinyatakan lolos dan akan diterbitkan. Semoga setelah kegiatan ini berakhir, para dosen Universitas Raharja lebih termotivasi untuk menulis buku ajar dengan format yang sesuai untuk pendidikan tinggi sehingga dapat menunjang proses pembelajaran.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply